Tipe tipe strukrur
- 1: subsonik
- 2: Kecepatan tinggi
- 3: Kapasitas besar subsonik
- 4: Mampu manuver tinggi supersonik
- 5: Kapal terbang
- 6: Hipersonik
Struktur Palang Kotak
Unsur struktural mirip dengan sebuah jembatan, dengan penekanan pada
segitiga dengan menggunakan unsur-unsur terkait. Bentuk yang aerodinamis
diisi oleh unsur-unsur tambahan yang disebut former dan Longeron
dan kemudian ditutup dengan kain dan dicat. Pesawat paling awal
menggunakan teknik ini dengan kayu dan kawat gulungan dan jenis struktur
ini masih digunakan di banyak pesawat ringan menggunakan las-lasan tabung baja. Metode ini terutama cocok untuk Pesawat terbang rekayasaproyek
amatir, di mana struktur palang dilas lengkap dikirimkan dengan
pemasangan komponen lain, pembungkusan, dan penyelesaian dilakukan oleh
pengguna, untuk memastikan bahwa struktur bantalan beban yang kuat dan
seragam ada di dalam setiap pesawat yang selesai dirakit. Sebuah kotak
truss struktur badan pesawat juga dapat dibangun dari kayu-sering
ditutupi dengan kayu lapis-seperti dapat dilihat pada Badan Pesawat
Ibis.
Konstruksi Geodesik
Elemen-elemen struktural Geodesik digunakan oleh Barnes Wallis untuk pesawat Inggris Vickers untuk membentuk seluruh pesawat di antara kedua perang dunia dan di dalam Perang Dunia II
, termasuk bentuk aerodinamis. Dalam jenis konstruksi ini beberapa
stringers lembaran datar disatukan dengan former dalm bentuk spiral yang
berlawanan arah, membentuk sebuah struktur berpenampilan mirip
keranjang. Hal ini terbukti ringan, kuat, kaku dan memiliki keuntungan
karena dibuat hampir seluruhnya dari kayu. Konstruksi serupa dengan
menggunakan alumunium alloy digunakan dalam pesawat Vickers Warwick
dengan bahan lebih sedikit daripada bahan yang diperlukan untuk jenis
struktural lainnya. Struktur geodesik juga cukup kuat sehingga dapat
bertahan dari kerusakan lokal tanpa bencana kegagalan. Sebuah kain
penutup pada struktur akan menyempurnakan bagian aerodinamik (lihat Vickers Wellington
untuk contoh kapal terbang perang besar yang menggunakan proses ini).
Evolusi logis dari konstruksi ini adalah penciptaan badan pesawat
menggunakan kayu lapis yang dicetak, di mana beberapa lembar kayu lapis
diletakan dalam arah yang berbeda untuk menjadi struktur tipe monokok
seperti yg dijelaskan di bawah ini.
Keping Monokok
Dalam metode ini, permukaan luar pesawat juga merupakan struktur primer. Tipikal bentuk awal ini (lihat Lockheed Vega) dibangun dengan menggunakan kayu lapisyang dibentuk, di mana lapisan kayu lapis terbentuk atas "plug" atau dalam jamur. Sebuah kemudian bentuk struktur ini menggunakan serat kaca
kain diresapi dengan polyester atau epoxy resin, bukan kayu lapis,
sebagaimana kulit. Bentuk sederhana ini digunakan dalam beberapa pesawat
buatan amatir menggunakan plastik busa diperluas kaku sebagai inti,
dengan menutupi fiberglass, menghilangkan perlunya fabrikasi cetakan,
tetapi membutuhkan lebih banyak upaya dalam menyelesaikan . Contoh yang lebih besar pesawat kayu lapis dibentuk adalah de Havilland nyamuk tempur / pembom ringan dari Perang Dunia II.
Perlu dicatat bahwa tidak ada kayu lapis kulit pesawat benar-benar
monocoque, karena elemen kaku dimasukkan ke dalam struktur
terkonsentrasi untuk membawa beban yang seharusnya gesper kulit tipis.
Penggunaan molded fiberglass menggunakan negatif ( "perempuan") cetakan
(yang memberikan hampir selesai produk) adalah lazim dalam rangkaian
produksi modern sailplane s. Penggunaan dibentuk komposit untuk struktur pesawat sedang diperluas untuk pesawat penumpang besar seperti Boeing 787'Dreamliner (menggunakan tekanan-molding pada cetakan perempuan).
Semi-monokok
Ini adalah metode paling disarankan untuk membangun semua- aluminium pesawat. Pertama, serangkaian frame dalam bentuk penampang badan pesawat akan disimpan dalam posisi pada kaku fixture, ataujig. Bingkai ini kemudian bergabung dengan unsur-unsur longitudinal ringan disebut stringers. Ini pada gilirannya ditutup dengan lembaran kulit aluminium, terikat oleh keling
ing atau oleh ikatan dengan perekat khusus. The fixture ini kemudian
dibongkar dan dikeluarkan dari pesawat selesai shell, yang kemudian
dilengkapi dengan kabel, kontrol, dan perlengkapan interior seperti
kursi dan barang-barang sampah. Paling modern pesawat besar yang
dibangun dengan menggunakan teknik ini, tetapi menggunakan beberapa
bagian besar yang dibangun dengan cara ini yang kemudian bergabung
dengan pengikat
s untuk membentuk badan pesawat lengkap. Sebagai keakuratan dari produk
akhir ditentukan terutama oleh fixture mahal, formulir ini cocok untuk
produksi seri, di mana sejumlah besar pesawat identik yang dihasilkan.
Contoh-contoh awal dari jenis ini termasuk Douglas Aircraft DC-2 dan DC-3 pesawat sipil dan Boeing B-17 Flying Fortress. Kebanyakan logam pesawat ringan dibangun menggunakan proses ini.
Baik monocoque dan semi-monocoque yang disebut sebagai "kulit
menekankan" struktur sebagai semua atau sebagian dari beban eksternal
(yakni dari sayap dan empennage, dan dari massa diskrit seperti mesin)
diambil oleh menutupi permukaan. Selain itu, semua beban dari internal tekanan udara dibawa (sebagai'ketegangan kulit) dengan kulit eksternal.
Pengecualian
Pesawat "Sayap Terbang" , seperti Northrop YB-49 Flying Wing dan Northrop B-2 Spirit bomber tidak mempunyai badan pesawat yang terpisah ; abdan pesawatnya adalah bagian dari struktur sayap yang menebal.
Sebaliknya ada sejumlah kecil desain pesawat yang tidak mempunyai
sayap terpisah, tetapi menggunakan abdan pesawat untuk menghasilkan daya
angkat. Contohnya termasuk pesawat eksperimental NASA Desain Mengangkat tubuh dan Vought XF5U-1 Flying pancake.
Semi-monocoque Dalam sebagian besar jenis beban yang dibawa oleh
stringer longeron dan bagian dari beban yang dibawa oleh kulit.
Sebuah percampuran antara sayap dan tubuh
dapat dianggap sebagai campuran di atas. Ia membawa beban dalam badan
pesawat yg memproduksi daya angkat. Sebuah contoh modernnya adalah Boeing X-48. Salah satu pesawat paling awal menggunakan pendekatan desain ini adalah Burnelli CBY-3, badan pesawat ini berbentuk airfoil untuk menghasilkan daya angkat.
SUMBER :
http://id.wikipedia.org/wiki/Badan_%28pesawat_terbang%29
Tidak ada komentar:
Posting Komentar